Minggu, 31 Juli 2016

Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Pekarangan adalah salah satu ruang terbuka di halaman bangunan rumah tempat tinggal, sekolah, perusahaan atau kantor instansi. tujuan utama keberadaan pekarangan adalah untuk memberikan jarak atau ruang bebas antara gerbang masuk dengan bangunan supaya terlihat lapang, nyaman dan indah.
Sebagian fungsi pekarangan diantaranya untuk menata bunga-bunga atau dipergunakan untuk menata kursi dan meja santai. Selain untuk keindahan atau estetika juga pekarangan dapat difungsikan sebagai kebun, menanam berbagai kebutuhan pangan sehari-hari, diantaranya bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran, umbi-umbian, tanaman obat keluarga dan buah-buahan. 


Pekarangan yang sempit tidak menjadi kendala apabila kita bisa mensiasatinya. Dengan tekhnik Budidaya Vertikultur kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit sehingga bisa menghasilkan beraneka ragam tanaman yang dibutuhkan sehari-hari. 

Seperti halnya di BP3K Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, para penyuluh sedang bergotong royong membuat rak vertikultur yang berbahan besi dan talang air untuk menanam sayuran yang dapat dimanfaatkan ketika sayuran sudah dapat dipanen. tidak hanya rak vertikultur saja, tetapi juga menggunakan polybag untuk mengisi ruang kosong pekarangan kantor dengan beberapa jenis tanaman sayuran dan tanaman obat seperti : Cabe rawit, Cabe merah, Tomat, bawang daun, bayam, Strobery, Kangkung, Jahe, Kencur dan Kunyit.
Berikut poto-poto nya :














Ades (BP3K Ciranjang)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons