Senin, 27 Oktober 2014

Tanam Padi Sistem SRI di Kelompok Babakan Sari

Pagi itu terik matahari mencubit kulit, petakan-petakan sawah terlentang tanpa baju, pematang sawah pun tertidur menjulur sedikit berlumpur saat kaki-kaki kami menapakinya.
tujuan kami adalah untuk mendampingi petani menanam padi sistem SRI, berhubung metode ini masih belum familier bagi petani dan kali ini kali pertama mereka menanam padi sistem ini,maka kami bertekad untuk memberikan contoh dan arahan langsung di petakan sawah.

o ya lokasi kali ini kami berada tepat pada titik kordinat 6°50'23.4"S 107°15'31.9"E kelompok tani Babakan sari Desa Nanggalamekar Kec. Ciranjang Kab. Cianjur yang diketuai oleh Ikin Sodikin. Pada saat itu kami berempat yaitu Ibu Astri M, Ibu Rina T, Bpk Mumu M dan saya sendiri.
Pasukan Penanam sudah siap berdiri berbaris ibarat prajurit yang sudah siap menerima perintah dari komandan. "Selamat pagi semua" saya menyapa mereka, mereka membalas hanya dengan senyuman saja. "bagai mana ibu-ibu sudah siap?" saya bertanya, "siap pa" mereka menjawab. "baik kalau begitu kita mulai nanam nya".
sambil memulai menanam saya dan tim sebelumnya memberikan arahan dulu bahwa menanam benih dalam sistem SRI ini harus tunggal atau satu tanaman dalam satu lubang, kemudian teknik membenamkan benihnya juga jangan terlalu dalam. "pa kalau cuma nempel mah atuh nanti rebah lagi" tanya si ibu yang berada di samping saya. "oh ya,,berarti ibu mah seneng yang dalam-dalam ya" kata saya sambil sedikit bercanda, "iya atuh pa" kata dia sambil tertawa.
kemudian tim kami menjelaskan bahwa tanam dangkal itu banyak sekali manfaatnya, diantaranya :
mempercepat dan mempermudah tanaman untuk membentuk anakan, apabila pengelolaan airnya bagus maka tanam dangkal tidak akan menyebabkan tanaman rebah kembali seperti yang dikatakan oleh ibu tadi.
Ditengah-tengah terik matahari yang memeras deras keringat kami, berbaur dengan para petani yang dengan lincah dan tangguhnya mereka menanam padi.
Sedikit saya visualisasikan keadaan saat itu





Semoga dari aksi kecil ini bisa memberikan dampak besar bagi Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Petani.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons